Ikuti lewat e-mail

http://kolam-terpalku.blogspot.com

Rabu, 01 Agustus 2012

Cara membuat kolam terpal

Cara membuat kolam terpal
Dalam pembuatan kolam terpal ini akan kita bagi dalam beberapa hal:

1) Bahan-bahan
2) Pengukuran
3) Pemotongan
4) Pembuatan rangka
5) Pemasangan
6) Penyetelan

Bahan-bahan :

bahan-bahan ini akan kita sesuaikan dengan ukuran kolam yang akan kita buat. misal kita akan membuat kolam seluas 3x5m. nah, bahan-bahannya adalah: kayu gelondongan sebesar lengan orang dewasa dengan panjang 5,5m, papan, serbuk kayu gergajian,paralon ukuran 2inchi sekalian elbonya. terpal & yang terakhir adalah paku.

Pengukuran :

Disini kita akan mengukur lahan yang akan kita buat kolam. yaitu seluas 3x5m. kemudian di setiap sudut kita pacakkan kayu sebanyak 4 sudut.

Pemotongan :

Setiap bahan harus kita potong sesuai kebutuhan kolam. kayu harus kita potong 5,5m sebanyak 4buah. 3,5m sebanyak 4buah. kemudian papan kita potong 1m secukupnya. kenapa papan di potong per 1m? iya; karena posisinya akan kita buat berdiri. posisi tidur juga boleh. tersera selera anda. kalau saya biasa membuat dengan posisi berdiri. paralon 2inchi kita potong dengan ukuran panjang 1m. terpal biasanya sudah ada ukuran nya sendiri saat di jual. jadi tinggal kita yang pilih sesuai kebutuhan kita. berarti dalam hal ini kita akan membeli terpal dengan ukuran 5x7m untuk mendapatkan kolam dengan ukuran 3x5m. usahakan beli terpal yang tebal supaya tahan lama.

Pembuatan rangka :

Sekarang kita akan membuat rangka kolam. pertama kita ambil kayu yang paling besar untuk di jadikan sebagai tiang sebanyak 4 buah dengan ukuran panjang 1,5m. kemudian pacakkan di setiap sudut satu persatu dengan kedalaman 0,5m ke dalam tanah. setelah selesai giliran kayu ukuran 5,5m tadi yang sudah kita potongin. pakukanlah kayu tersebut di bawah satu dan di atas satu disisi sebelah kanan dulu. kemudian sisi seblah kiri. nah, setelah pemasangan kayu yang berukuran 5,5m tadi selesai di pasang, giliran yang kayu dengan ukuran 3,5m. di pasang pada sisi depan dan sisi belakang. dengan ketentuan bawah satu dan atas satu di setiap sisi. sekarang masuklah pada pemasangan papan. papan ini di pasang dalam keadaan berdiri. pemasangan papan dilakukan di sebelah bagian sisi dalam. dengan kerapatan 2cm. pasanglah hingga keliling sampai selesai.

Setelah selesai rangka kolam, kita taburkan serbuk kayu gergajian di lantai kolam di atas tanah dan bakal di bawah terpal nantinya. menurut para mereka yang sudah lama menekuni bisnis budidaya ikan, penebaran serbuk kayu gergajian ini bertujuan untuk meredam panas bumi. sehingga bibit ikan lebih bisa bertahan hidup. bisa menekan angka kematian. cara menebar serbuk kayu gergajian ini kita buat rata miring. rata miring ini bertujuan untuk memudahkan pengurasan pada kolam. begitu paralon di buka dari elbonya, air langsung keluar mengalir ke ara elbo paralon yang tertanam di dalam tanah hingga air yang mengalir terakhir.

Pemasangan :

Paralon: saatnya memasang paralon 2inchi. pertama kita ambil elbo paralon 2inchi ini. elbo paralon 2inchi ini kita tanam kedalam tanah dengan posisi mulut elbo ke arah dalam atas satu, dan ke arah luar satu. tetapi harus sama rata dengan serbuk kayu gergajian tadi yang di tebar rata miring. nah,, elbo paralon 2inchi ini di pasang di bagian bawah rata miring serbuk kayu gergajian. agar air nantinya akan mengalir ke arahnya hingga aliran air yang terakhir.

Saatnya memasang terpal. bentangkan terpal ukuran 5x7m di atas rangka kolam. kemudian ditekan tengahnya hingga terpal masuk ke dalam. rapihkanlah terpal tersebut hingga sama tinggi di setiap sisi.

Penyetelan :

Masuklah kita pada sesi penyetelan. penyetelan ini di tujukan kepada terpal. untuk menghindari terjadinya lipatan-lipatan terpal pada kolam terpal. sehingga kolam terpal bisa bertahan lama hingga tahunan. tetapi lihat juga ketebalan terpal, semakin tebal terpal semakin kuat ketahananya. Masukkanlah air ke dalam kolam sdikit demi sedikit sambil kita setel tarik sana tarik sini. untuk mendapatkan dinding kolam terpal yang tegang di setiap sisi. hingga kelihatan rapih. kuncinya ada pada lipatan setiap sudut kolam terpal. semakin di tarik ke arah sudut, semakin ketat sisi kolam terpal tersebut. sementara air terus mengisi pada kolam terpal. setelah di dapatkan sisi yang tegang dan rapih? pakulah terpal pada dinding rangka kolam. itu di sebut penguncian terpal terakhir.

setelah air mencapai 0,5m, stop masukan air ke dalam kolam. elbo paralon 2inchi yang kita tanam di tanah sama rata miring dengan serbuk kayu gergajian tadi, terpal akan ngecap bulatan mulut elbo paralon 2inchi. nah,, cap bulatan elbo paralon 2inchi ini kita iris berbentuk bintang 6. tidak ada yang di potong disini. tetapi di iris membentuk bintang 6. jadi siwir-siwirnya itu akan berguna sebagai seltip saat paralon 2inchi berukuran 1m tadi di masukkan ke dalam elbo paralon 2inchi. sehingga air tidak akan keluar. lantas lanjutkan pengisian air kolam terpal hingga 70cm sambil kita amati apakah ada yang bocor.

Demikianlah artikel cara membuat kolam terpal pada blog kolam terpalku. semoga membantu. jangan lupa tinggalkan pesan anda saat berkunjung ke blog ini. salam blogger.

.:tutup:.